1.156 CJH di Tuban Lakukan Pelunasan BPIH Tahap 1

"Masih sisa 99 calon jamaah haji yang belum melakukan pelunasan. Dan dibuka pelunasan pada tahap II," ujar Sahid.

1.156 CJH di Tuban Lakukan Pelunasan BPIH Tahap 1
Kepala Kemenag Tuban, Sahid

TUBAN, HARIANBANGSA.net -  Sebanyak 1.156 Calon Jamaah Haji (CJH) reguler di Kabupaten Tuban melakukan Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap 1 yang ditutup pada 30 April 2020 kemarin. Kepala Kemenag Tuban, Sahid dalam releasenya Senin (4/5) mengatakan, data per-Kamis 30 April 2020, jumlah calon jemaah haji kabupaten Tuban sejumlah 1.255 jemaah. Sedangkan, yang sudah pelunasan sebanyak 1.156 jemaah dan belum lunas 99 jemaah.

"Masih sisa 99 calon jamaah haji yang belum melakukan pelunasan. Dan dibuka pelunasan pada tahap II," ujar Sahid.

Disisi lain, Kasi Pelayanan Haji Dan Umrah (PHU), Umi Kulsum menerangkan, kemenag membuka pelunasan BPIH tahap kedua pada 12 Mei hingga 20 Mei 2020. Pelunasan tahap ke-2 dibuka untuk jemaah yang mengalami kegagalan pembayaran, karena sistem saat tahap pertama. Selain itu, mereka yang berhak melunasi pada tahap kedua adalah pendamping lansia, penggabungan mahram serta jemaah disabilitas dan pendampingnya.

"Pada tahap dua ini juga untuk PHD dan pembimbing dari KBIHU," timpal Umi sapaan akrabnya.

Ketua Fatayat NU Kabupaten Tuban itu menambahkan, pada tahap II juga diperuntukkan terhadap pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan Petugas Haji Daerah (PHD). Terutama, yang sudah mempunyai porsi, tapi tidak    muncul ditahap 1.

"Semoga pelunasan pada tahap kedua juga berjalan lancar," pungkas Umi.(wan/ns)