79.579 Warga Sidoarjo Terima BLT Migor dan BPNT

Sebanyak 79.579 warga Sidoarjo menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng (migor) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

79.579 Warga Sidoarjo Terima BLT Migor dan BPNT
Warga mengambil BLT Migor dan BNPT di Kantor Desa Pagerwojo, Sabtu (16/4).

Sidoarjo, HARIANBANGSA.net - Sebanyak 79.579 warga Sidoarjo menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng (migor) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) menerima BLT Migor senilai Rp 100 ribu per bulan, disalurkan untuk April, Mei dan Juni. KPM juga menerima BNPT bulan Mei sebesar Rp 200 ribu yang dicairkan dalam bentuk uang tunai.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Sidoarjo Ahmad Misbahul Munir menjelaskan, total setiap KPM menerima uang tunai Rp 500 ribu. Terinci, BLT Migor Rp 300 ribu dan BNPT Rp 200 ribu. "Bantuan tersebut disalurkan semua pada bulan April ini,” jelas Ahmad Misbahul Munir, Sabtu (16/4).

Dijelaskannya, puluhan ribu KPM tersebut tersebar di 18 kecamatan di Sidoarjo. Penyaluran bantuan dilakukan mulai 13 April lalu, dimulai dari wilayah kecamatan Waru, Porong dan Balongbendo. Kemudian14 April di kecamatan Candi, Sedati, Krembung dan Tanggulangin.

Selanjutnya 15 April penyaluran bantuan dilakukan di wilayah Kecamatan Taman, Sidoarjo Kota, dan Tulangan. “Penyaluran di wilayah Kecamatan Krian, Buduran dan Jabon dilakukan 16 April. Sedangkan 5 wilayah kecamatan lainnya penyalurannya hari Senin,” beber plt kepala Diskominfo Sidoarjo ini.

Misbahul menambahkan, setiap kecamatan sudah ditentukan tempat pengambilannya. Seperti di kecamatan Buduran dipusatkan di delapan lokasi. Yakni di kantor Balai Damarsih, Prasung, Dukuh Tengah, Wadungasih, Pagerwojo, Sidokerto, Sukorejo dan Sidokepung.

Untuk mekanisme penyalurannya, pemkab menggandeng PT Pos Indonesia dan ditargetkan rampung dalam satu minggu. Dinsos juga mengerahkan ratusan tenaga Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk memperlancar penyaluran BLT Migor dan BNPT ini.(sta/rd)