Dinas Perkim Jombang Kembangkan Jaringan Distribusi

Kemarau panjang berdampak pada sejumlah daerah di Kabupaten Jombang, mengalami kekeringan serta kekurangan air bersih.

Dinas Perkim Jombang Kembangkan Jaringan Distribusi
Pemasangan pipa jaringan di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Jombang. Aan Amrulloh/ HARIAN BANGSA

Jombang, HARIANBANGSA.net - Kemarau panjang berdampak pada sejumlah daerah di Kabupaten Jombang, mengalami kekeringan serta kekurangan air bersih. Terutama untuk konsumsi air minum. Salah satunya di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro.

Kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan dasar minimum yang harus disediakan oleh pemerintah.  Oleh karenanya, Pemkab Jombang terus melakukan langkah-langkah mencari solusi konkret agar kebutuhan air bersih atau air minum di desa ini dapat terpenuhi.

Melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, melakukan kegiatan pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah di Desa Rejoagung.

Kepala Dinas Perkim Jombang Agung Hariadi menjelaskan, bahwa sasaran utama dari kegiatan ini tentunya adalah terbangunnya sarana dan prasarana air minum atau air bersih melalui jaringan pipa. Sehngga dapat menambah debit air, dan dapat memenuhi kebutuhan.  "Pemasangan sambungan rumah, sehingga bisa mencukupi kebutuhan air bersih atau air minum di daerah setempat," jelasnya, Senin (16/10).

Dalam program ini, dilaksanakan oleh CV. Karya Jaya Mandiri dengan penawaran Rp. 519.999.000,- hasil dari lelang yang dilaksanankan oleh Pokja PBJ Kabupaten Jombang. "Ini hasil dari lelang yang dilaksanankan oleh Pokja PBJ Kabupaten Jombang," terang Agung.

Program ini dari DAK tahun anggaran 2023. Sekarang pekerjaan sudah selesai 100 persen dan sudah dimanfaatkan masyarakat. “Sehingga diharapkan dengan kegiatan tersebut bisa mengurangi beban masyarakat wilayah tersebut waktu kemarau," pungkasnya.(aan/rd)